Media Pembelajaran PLS : Papan Flannel




                                                              Papan Flannel


1.      Pengertian

               Papan Flanel yaitu papan yang dilapisi kain flannel atau kain kain yang berbulu, yang padanya dapat ditempelkan potongan-potongan gambar atau simbol-simbol lainnya serta dapat dipasang dan dicopot dengan mudah, sehingga dapat dipakai berkali kali. Gambar-gambar atau simbol-simbol itu biasanya disebut item (butir). Di belakang butir butir tersebut ditempelkan potongan flannel atau kertas aamplas seperti butir butir tersebut melekat dengan mudah di atas papan flannel. Dengan butir-butir papan flannel, pendidik dapat menerangkan atau menjelaskan suatu masalah dengan mudah. Papan Flannel dapat digunakan untuk menjelaskan suatu proses atau kejadian.
Contoh media papan flannel




2.      Kelebihan
·         Dapat dipakai disemua kalangan peserta didik.
·         Dapat dipakai dalam berbagai situasi belajar.
·         Dapat dibuat sendiri oleh peserta didik dengan peserta didik.
·         Dapat dipersiapkan dulu dengan cermat.
·         Dapat memusatkan perhatian peserta didik kepada masalah yang sedang dibicarakan.
·         Dapat menghemat waktu dan tenaga dengan hanya tinggal menerangkan hal-hal yang penting.
·         Merangsang partisipasi aktif peserta didik
·         Dapat dipakai untuk menerangkan perbandingan, perkembangan atau persamaan secara sistematis.
3.      Kekurangan
Kukurangan dari Papan Flannel adalah dalam segi pembuatannya yang cukup memakan waktu karna setiap item harus dipasang secara teliti sebelum proses belajar mengajar dilakukan.

4.      Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam pengunaan Papan Flannel
·         Letakkan papan flannel setinggi garis mata. Papan papan flannel yang terlalu tinggi atau randah dari garis mata menyebabkan peserta didik cepat merasa lelah dalam memperhatikan media tersebut. 
·         Butir-butir papan flannel harus besar dan jelas. 
·         Agar jangan mengacaukan atau membingungkan, maka tempelkan papan flannel yang diperlukan saja satu persatu. 
·         Beri nomor masing-masing butir papan flannel supaya teratur. 
·         Tempatkanlah butir-butir dalam satu amplop sesuai dengan urutan nomornya. 
·         Adakan ujicoba sebelum dipergunakan dalam proses interaksi pembelajaran.

Dalam Pendidikan Luar sekolah penggunaan media pembelajaran berupa papan Flannel menurut penulis lebih cocok diterapkan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Karena media pembelajaran ini dapat merangsang pemikiran anak usia dini dengan item item yang unik serta item tersebut bisa tersimpan secara baik dipikiran anak usia dini.



Daftar Rujukan
Abdullah, Ishak. 1996. Strategi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: 
 karunika,Universitas Terbuka
Ahmad Rohani dan Abud Ahmadi. 1991. Pengelolaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
DJamarah dan Aswan Zain. 2002. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta:
Depdikbud, Dirjen Dikti

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMIKIRAN TOKOH DAN PAKAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN NONFORMAL

Pendidikan Luar Sekolah : PAUD : Basis PAUD