Media Pembelajaran PLS : Papan Flannel
Papan
Flannel
1. Pengertian
Papan
Flanel yaitu papan yang dilapisi kain flannel atau kain kain yang berbulu, yang
padanya dapat ditempelkan potongan-potongan gambar atau simbol-simbol lainnya
serta dapat dipasang dan dicopot dengan mudah, sehingga dapat dipakai berkali
kali. Gambar-gambar atau simbol-simbol itu biasanya disebut item (butir). Di
belakang butir butir tersebut ditempelkan potongan flannel atau kertas aamplas
seperti butir butir tersebut melekat dengan mudah di atas papan flannel. Dengan
butir-butir papan flannel, pendidik dapat menerangkan atau menjelaskan suatu
masalah dengan mudah. Papan Flannel dapat digunakan untuk menjelaskan suatu
proses atau kejadian.
Contoh
media papan flannel
2. Kelebihan
·
Dapat dipakai disemua kalangan peserta
didik.
·
Dapat dipakai dalam berbagai situasi
belajar.
·
Dapat dibuat sendiri oleh peserta didik
dengan peserta didik.
·
Dapat dipersiapkan dulu dengan cermat.
·
Dapat memusatkan perhatian peserta didik
kepada masalah yang sedang dibicarakan.
·
Dapat menghemat waktu dan tenaga dengan
hanya tinggal menerangkan hal-hal yang penting.
·
Merangsang partisipasi aktif peserta
didik
·
Dapat dipakai untuk menerangkan
perbandingan, perkembangan atau persamaan secara sistematis.
3. Kekurangan
Kukurangan
dari Papan Flannel adalah dalam segi pembuatannya yang cukup memakan waktu
karna setiap item harus dipasang secara teliti sebelum proses belajar mengajar
dilakukan.
4. Hal-hal
yang Harus Diperhatikan dalam pengunaan Papan Flannel
·
Letakkan papan flannel setinggi garis
mata. Papan papan flannel yang terlalu tinggi atau randah dari garis mata
menyebabkan peserta didik cepat merasa lelah dalam memperhatikan media
tersebut. · Butir-butir papan flannel harus besar dan jelas.
· Agar jangan mengacaukan atau membingungkan, maka tempelkan papan flannel yang diperlukan saja satu persatu.
· Beri nomor masing-masing butir papan flannel supaya teratur.
· Tempatkanlah butir-butir dalam satu amplop sesuai dengan urutan nomornya.
· Adakan ujicoba sebelum dipergunakan dalam proses interaksi pembelajaran.
Dalam
Pendidikan Luar sekolah penggunaan media pembelajaran berupa papan Flannel
menurut penulis lebih cocok diterapkan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Karena media
pembelajaran ini dapat merangsang pemikiran anak usia dini dengan item item
yang unik serta item tersebut bisa tersimpan secara baik dipikiran anak usia
dini.
Daftar
Rujukan
Abdullah,
Ishak. 1996. Strategi Pembelajaran
Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta:
karunika,Universitas Terbuka
Ahmad
Rohani dan Abud Ahmadi. 1991. Pengelolaan
pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
DJamarah
dan Aswan Zain. 2002. Stategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim
R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan
pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Latuheru,
John D. 1988. Media Pembelajaran dalam
Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta:
Depdikbud, Dirjen
Dikti
Komentar
Posting Komentar