Gambar Diam / Foto

GAMBAR DIAM / FOTO

A.    Pengertian Media Gambar

Di antara media pembelajaran, media gambar adalah media yang palingumum dipakai. Hal ini dikarenakan siswa lebih menyukai gambar daripada tulisan, apalagi jika gambarnya dibuat dan disajikan sesuai dengan persyaratan gambar yang baik, sudah barang tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual kedalam bentuk dua dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bentuknya bermacam-macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip, opaque projektor (Hamalik, 1994:95).
Media gambar adalah media yang paling umum dipakai, yang merupakan bahasan umum yang dapat  dimengerti  dan  dinikmati  dimana-mana  (Sadiman,1996:29).Media  gambar  merupakan peniruan dari benda-benda dan pemandangan dalam hal bentuk, rupa, serta ukurannya relative terhadap lingkungan (Soelarko,1980:3). Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa media gambar adalah perwujudan lambang dari hasil  peniruan-peniruan  benda-benda,  pemandangan,  curahan  pikir  atau  ide-ide  yang divisualisasikan kedalam bentuk dua dimensi.Bentuknya dapat berupa gambar situasi dan lukisan yang berhubungan dengan pokok bahasan berhitung.

B.     Kelebihan dan kekurangan Media Gambar

Adapun kelebihan dari media gambar adalah sebagai berikut.
Ø  Sifatnya konkrit dan lebih realistis dalam memunculkan pokok masalah, jikadibandingkan dengan bahasa verbal.
Ø  Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu.
Ø  Dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita.
1
Ø  Memperjelas masalah dalam bidang apa saja dan untuk semua orang tanpa memandang umur sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.
Ø  Harganya murah dan mudah didapat serta digunakan (Sadiman, 1996:31).

Kelemahan Media Gambar
Selain kelebihan yang dimiliki, media gambar memiliki kelemahan, diantaranya sebagai berikut.
Ø  Hanya  menampilkan  persepsi  indera  mata,  ukurannya  terbatas  hanya  dapat  terlihat  oleh sekelompok siswa.
Ø  Gambar diintepretasikan secara personal dan subyektif.
Ø  Gambar  disajikan  dalam  ukuran  yang  sangat  kecil,  sehingga  kurang  efektifdalam pembelajaran (Rahadi, 2003:27).

C.    Syarat-syarat yang dipenuhi dalam media gambar

Ø  Autentik , Gambar tersebut harus secara jujur melukiskan situasi seperti orang melihat benda sebenarnya
Ø  Sederhana, Komposisi gambar hendaknya cukup jelas menunjukan poin-poin pokok dalam gambar
Ø  Gambar foto sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan, gambar yang baik tidaklah menunjukan objek dalam keadaan diam tetapi memperlihatkan aktifitas tertentu
Ø  Gambar yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran,walaupun dari segi mutu kurang, gambar atau foto karya anak didik sendiri sering kali lebih baik
Ø  Tidak setiap gambar bagus merupakan media yang bagus, sebagai media yang baik, gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai



2
D.    Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan media gambar

Ø  Gunakanlah gambar yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
Ø  Saat memegang atau memperlihatkan gambar, usahakan gambar tersebut jangan sampai bergerak
Ø  Hindari penggunaan gambar dalaam jumlah dan jenis yang terlampau banyak, sebab akan membingungkan peserta didik. Kecuali jika ingin membandingkan beberapa gambar maka perlihatkan gambar tersebut satu persatu agar perhatian peserta didik hanya tertuju kepada gambar yang sedang diamati
Ø  Arahkan perhatian peserta didik kepada sebuah gambar, kemudian ajukan beberapa pertanyaan langsung sehubungan dengan gambar tersebut

Penggunaan media gambar sebaiknya harus disesuaikan dengan kematangan  siswa.
 Gambar  yang  dijadikan  media  hendaknya  dalam hal-hal sebagai berikut:
Ø  Warna harus menarik minat siswa, karena pada umumnya siswa petama kali melihat warna, kemudian ditafsirkannya
Ø  Ukuran nya harus seimbang
Ø  Jarak suatu objek lainnya harus jelas
Ø   Suatu gambar  hendaknya  harus  menunjukan  gerakan gambar hendaknya disesuaikan dengan urutan tertentu dan dihubungkan dengan asal yang luas.
Dalam  menggunakan  media  hendaknya  guru  memperhatikan sejumlah  prinsip tertentu  agar  penggunaan  media  tersebut  dapat mencapai hasil yang baik.
Adapun prinsip-prinsipnya antara lain adalah:
Ø  Menentukan jenis media dengan tepat
Ø  Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat
Ø  Menyajikan media dengan tepat
Ø  Menempatkan  atau  memperlihatkan  media  pada  waktu,  Tempat dan situasi yang tepat
3
Didalam  proses  pembelajaran,  ada  enam  hal  yang  harus diperhatikan oleh guru dalam menggunakan media gambar, yaitu:
Menurut Nana Sudjana, Proses Belajar Mengajar,
Ø  Seorang  guru  harus  memperhatikan  kejelasan  materi  yang digambarkan / dituliskan
Ø  Seorang  guru harus  yakin  bahwa  semua  murid  dapat  melihat sketsa itu dan menghilangkan segala yang merintangi pandangan mereka
Ø   Menggunakan beraneka raga warna supaya lebih menarik
Ø  Keaslian  gambar,  sumber  yang  digunakan  hendaklah menunjukkan keaslian atas situasi yang sederhana
Ø  Gambar  harus  membawa  pesan  yang  cocok  untuk  tujuan pengajaran yang sedang dibahas, bukan dari segala bagusnya saja tetapi yang enting gambar tersebut membawa pesan tertentu.
Ø   Gambar harus dinamis sesuai dengan aktifitas tertentu

Fungsi Media Gambar
Pemanfaatan media pembelajaran ada dalam komponen metode mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi guru-siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Oleh sebab itu fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar, yakni menunjang penggunaan metode mengajar yang dipergunakan guru.
Melalui penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat  mempertinggi kualitas proses belajarmengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa.
Secara garis besar, fungsi penggunaan media gambar adalah sebagai berikut:
Ø  Fungsi edukatif, yang artinya mendidik dan memberikan pengaruh positif pada pendidikan
Ø   Fungsi  sosial,  memberikan  informasi  yang  autentik  dan  pengalaman  berbagai  bidang kehidupan dan memberikan konsep yang sama kepada setiap orang.
Ø  Fungsi ekonomis, meningkatkan produksi melalui pembinaan prestasi kerjasecara maksimal.
4
Ø  Fungsi politis, berpengaruh pada politik pembangunan.
Ø  Fungsi seni budaya dan telekomunikasi, yang mendorong dan menimbulkan ciptaan baru,termasuk pola usaha penciptaan teknologi kemediaan yangmodern
      (Hamalik, 1994:12).

Manfaat Penggunaan Media gambar
Pada  dasarnya,  manfaat  yang  diperoleh  dari  penggunaan  gambar sebagai  media  sama  dengan  penggunaan  media  pembelajaran  pada umumnya,  hal  ini  mengacu  pada suatu  pengertian  bahwa  gambar merupakan  media  pembelajaran  sehingga  manfaat  yang  diperolehnya sama.
Penggunaan  media  pembelajaran  secara  umum  termasuk  pada penggunaan media gambar dengan baik dapat berguna untuk:
Ø  Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
Ø  Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra
Ø   Penggunaan media yang bervariasi dan tepat dapat mengatasi sikappasif dari siswa
Ø  Dengan  penggunaan  media  guru  dapat  menyampaikan  materi dengan persamaan pengalaman dan persepsi untuk setiap siswa.

Langkah-langkah dan Penggunaan Media Gambar
Sebelum menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran, seorang  guru harus memperhatikan langkah-langkah menggunakannya, agar  pembelajaran  dengan menggunakan  media  dapat  berjalan  dengan baik. Adapun  yang  harus  di  perhatikan  oleh  seorang  guru  dalam menggunakan media gambar diantaranya adalah :

Ø  Objektifitas
Unsur  objektifitas  dalam  memilih  media  pengajaran  harus dihindarkan.Artinya  guru tidak  boleh  memilih  media  atas  dasar kesenangan pribadi, media pengajaran menunjukkan keaktifan dan efesiensi  yang tinggi maka  guru  jangan  merasa  bosan menggunakannya.

5
Ø  Program pengajaran
Program  pengajaran  yang  akan  disampaikan  kepada  anak didik harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku baik isinya atau strukturnya
Ø  Kualitas teknis
Ø  Situasi dan kondisi
Ø  Keaktifan  dan  efesiensi  penggunana  media. Keefektifan berkenaan  dengan  hasil  belajar  yang  dicapai,  sedangkan efesiensi berkenaan dengan proses pencapaian hasil belajar

Langkah langkah Penggunaan Media Gambar
Ø  Guru  menggunakan gambar  sesuai  dengan  pertumbuhan  dan perkembangan siswa.
Ø  Guru memperlihatkan gambar kepada siswa di depan kelas
Ø  Guru menerangkan pelajaran dengan menggunakan gambar
Ø  Guru  mengarahkan  perhatian  siswa  pada  sebuah  gambar  sambil mengajukan pertanyaan kepada siswa secara satu persatu
Ø   Guru memberikan tugas kepada siswa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMIKIRAN TOKOH DAN PAKAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

LANDASAN YURIDIS PENDIDIKAN NONFORMAL

Pendidikan Luar Sekolah : PAUD : Basis PAUD