Gambar Diam / Foto
GAMBAR
DIAM / FOTO
A.
Pengertian
Media Gambar
Di antara media pembelajaran, media gambar adalah
media yang palingumum dipakai. Hal ini dikarenakan siswa lebih menyukai gambar
daripada tulisan, apalagi jika gambarnya dibuat dan disajikan sesuai dengan
persyaratan gambar yang baik, sudah barang tentu akan menambah semangat siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran.
Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan
secara visual kedalam bentuk dua dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang
bentuknya bermacam-macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip, opaque
projektor (Hamalik, 1994:95).
Media gambar adalah media yang paling umum dipakai,
yang merupakan bahasan umum yang dapat
dimengerti dan dinikmati
dimana-mana (Sadiman,1996:29).Media gambar
merupakan peniruan dari benda-benda dan pemandangan dalam hal bentuk,
rupa, serta ukurannya relative terhadap lingkungan (Soelarko,1980:3). Dari
pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa media gambar adalah perwujudan
lambang dari hasil
peniruan-peniruan
benda-benda, pemandangan, curahan
pikir atau ide-ide
yang divisualisasikan kedalam bentuk dua dimensi.Bentuknya dapat berupa
gambar situasi dan lukisan yang berhubungan dengan pokok bahasan berhitung.
B.
Kelebihan
dan kekurangan Media Gambar
Adapun kelebihan dari
media gambar adalah sebagai berikut.
Ø Sifatnya
konkrit dan lebih realistis dalam memunculkan pokok masalah, jikadibandingkan
dengan bahasa verbal.
Ø Dapat
mengatasi batasan ruang dan waktu.
Ø Dapat
mengatasi keterbatasan pengamatan kita.
1
Ø Memperjelas
masalah dalam bidang apa saja dan untuk semua orang tanpa memandang umur
sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.
Ø Harganya
murah dan mudah didapat serta digunakan (Sadiman, 1996:31).
Kelemahan Media Gambar
Selain
kelebihan yang dimiliki, media gambar memiliki kelemahan, diantaranya sebagai berikut.
Ø Hanya menampilkan
persepsi indera mata,
ukurannya terbatas hanya
dapat terlihat oleh sekelompok siswa.
Ø Gambar
diintepretasikan secara personal dan subyektif.
Ø Gambar disajikan
dalam ukuran yang
sangat kecil, sehingga
kurang efektifdalam pembelajaran
(Rahadi, 2003:27).
C.
Syarat-syarat
yang dipenuhi dalam media gambar
Ø Autentik
, Gambar tersebut harus secara jujur melukiskan situasi seperti orang melihat
benda sebenarnya
Ø Sederhana,
Komposisi gambar hendaknya cukup jelas menunjukan poin-poin pokok dalam gambar
Ø Gambar
foto sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan, gambar yang baik tidaklah
menunjukan objek dalam keadaan diam tetapi memperlihatkan aktifitas tertentu
Ø Gambar
yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran,walaupun dari
segi mutu kurang, gambar atau foto karya anak didik sendiri sering kali lebih
baik
Ø Tidak
setiap gambar bagus merupakan media yang bagus, sebagai media yang baik, gambar
hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
ingin di capai
2
D.
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam menggunakan media gambar
Ø Gunakanlah
gambar yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
Ø Saat
memegang atau memperlihatkan gambar, usahakan gambar tersebut jangan sampai
bergerak
Ø Hindari
penggunaan gambar dalaam jumlah dan jenis yang terlampau banyak, sebab akan
membingungkan peserta didik. Kecuali jika ingin membandingkan beberapa gambar
maka perlihatkan gambar tersebut satu persatu agar perhatian peserta didik
hanya tertuju kepada gambar yang sedang diamati
Ø Arahkan
perhatian peserta didik kepada sebuah gambar, kemudian ajukan beberapa
pertanyaan langsung sehubungan dengan gambar tersebut
Penggunaan media gambar sebaiknya harus disesuaikan
dengan kematangan siswa.
Gambar
yang dijadikan media
hendaknya dalam hal-hal sebagai
berikut:
Ø Warna
harus menarik minat siswa, karena pada umumnya siswa petama kali melihat warna,
kemudian ditafsirkannya
Ø Ukuran
nya harus seimbang
Ø Jarak
suatu objek lainnya harus jelas
Ø Suatu gambar
hendaknya harus menunjukan
gerakan gambar hendaknya disesuaikan dengan urutan tertentu dan
dihubungkan dengan asal yang luas.
Dalam menggunakan
media hendaknya guru
memperhatikan sejumlah prinsip
tertentu agar penggunaan
media tersebut dapat mencapai hasil yang baik.
Adapun prinsip-prinsipnya antara
lain adalah:
Ø Menentukan
jenis media dengan tepat
Ø Menetapkan
atau memperhitungkan subjek dengan tepat
Ø Menyajikan
media dengan tepat
Ø Menempatkan atau
memperlihatkan media pada
waktu, Tempat dan situasi yang
tepat
3
Didalam proses
pembelajaran, ada enam
hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam
menggunakan media gambar, yaitu:
Menurut Nana Sudjana,
Proses Belajar Mengajar,
Ø Seorang guru
harus memperhatikan kejelasan
materi yang digambarkan /
dituliskan
Ø Seorang guru harus
yakin bahwa semua
murid dapat melihat sketsa itu dan menghilangkan segala
yang merintangi pandangan mereka
Ø Menggunakan beraneka raga warna supaya lebih
menarik
Ø Keaslian gambar,
sumber yang digunakan
hendaklah menunjukkan keaslian atas situasi yang sederhana
Ø Gambar harus
membawa pesan yang
cocok untuk tujuan pengajaran yang sedang dibahas, bukan dari
segala bagusnya saja tetapi yang enting gambar tersebut membawa pesan tertentu.
Ø Gambar harus dinamis sesuai dengan aktifitas
tertentu
Fungsi Media Gambar
Pemanfaatan media pembelajaran ada dalam komponen
metode mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi
guru-siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Oleh sebab itu
fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar, yakni
menunjang penggunaan metode mengajar yang dipergunakan guru.
Melalui penggunaan media pembelajaran diharapkan
dapat mempertinggi kualitas proses
belajarmengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar
siswa.
Secara garis besar,
fungsi penggunaan media gambar adalah sebagai berikut:
Ø Fungsi
edukatif, yang artinya mendidik dan memberikan pengaruh positif pada pendidikan
Ø Fungsi
sosial, memberikan informasi
yang autentik dan
pengalaman berbagai bidang kehidupan dan memberikan konsep yang
sama kepada setiap orang.
Ø Fungsi
ekonomis, meningkatkan produksi melalui pembinaan prestasi kerjasecara
maksimal.
4
Ø Fungsi
politis, berpengaruh pada politik pembangunan.
Ø Fungsi
seni budaya dan telekomunikasi, yang mendorong dan menimbulkan ciptaan
baru,termasuk pola usaha penciptaan teknologi kemediaan yangmodern
(Hamalik, 1994:12).
Manfaat
Penggunaan Media gambar
Pada
dasarnya, manfaat yang
diperoleh dari penggunaan
gambar sebagai media sama
dengan penggunaan media
pembelajaran pada umumnya, hal
ini mengacu pada suatu
pengertian bahwa gambar merupakan media
pembelajaran sehingga manfaat
yang diperolehnya sama.
Penggunaan media
pembelajaran secara umum
termasuk pada penggunaan media
gambar dengan baik dapat berguna untuk:
Ø Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
Ø Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indra
Ø Penggunaan media yang bervariasi dan tepat
dapat mengatasi sikappasif dari siswa
Ø Dengan penggunaan
media guru dapat
menyampaikan materi dengan
persamaan pengalaman dan persepsi untuk setiap siswa.
Langkah-langkah
dan Penggunaan Media Gambar
Sebelum
menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran, seorang guru harus memperhatikan langkah-langkah
menggunakannya, agar pembelajaran dengan menggunakan media
dapat berjalan dengan baik. Adapun yang
harus di perhatikan
oleh seorang guru
dalam menggunakan media gambar diantaranya adalah :
Ø Objektifitas
Unsur
objektifitas dalam memilih
media pengajaran harus dihindarkan.Artinya guru tidak
boleh memilih media
atas dasar kesenangan pribadi,
media pengajaran menunjukkan keaktifan dan efesiensi yang tinggi maka guru
jangan merasa bosan menggunakannya.
5
Ø Program
pengajaran
Program
pengajaran yang akan
disampaikan kepada anak didik harus sesuai dengan kurikulum yang
berlaku baik isinya atau strukturnya
Ø Kualitas
teknis
Ø Situasi
dan kondisi
Ø Keaktifan dan
efesiensi penggunana media. Keefektifan berkenaan dengan
hasil belajar yang
dicapai, sedangkan efesiensi
berkenaan dengan proses pencapaian hasil belajar
Langkah
langkah Penggunaan Media Gambar
Ø Guru menggunakan gambar sesuai
dengan pertumbuhan dan perkembangan siswa.
Ø Guru
memperlihatkan gambar kepada siswa di depan kelas
Ø Guru
menerangkan pelajaran dengan menggunakan gambar
Ø Guru mengarahkan
perhatian siswa pada
sebuah gambar sambil mengajukan pertanyaan kepada siswa
secara satu persatu
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa.
Komentar
Posting Komentar